Buka Akun Margin Makin Mudah
Buka Akun Margin Makin Mudah

Apa sih Akun Margin itu?

Akun Margin adalah akun yang digunakan untuk bertransaksi margin (margin trading).

Margin Trading adalah fasilitas pembiayaan transaksi efek oleh sekuritas atas transaksi nasabahnya yang memungkinkan nasabah menambah nilai dalam transaksi pembelian saham dengan dana pinjaman dari sekuritas. Fasilitas Margin Trading memungkinkan nasabah untuk membeli saham berkali lipat dari dana nasabah yang tersedia.

Perbandingan Akun Reguler dengan Akun Margin

Akun MarginAkun Reguler
Suspend Buy
*selama nilai equity positif

T+3
Forced Sell
*selama nilai equity positif

T+4
Jangka Waktu Fleksibel Singkat & Terbatas
Bunga Lebih Rendah Lebih Tinggi

Bunga Margin Kompetitif!

 
Bunga Margin
 
 

*Perubahan bunga margin dapat terjadi di kemudian hari dengan menyesuaikan tingkat suku bunga pembiayaan yang berlaku dan kebijakan perusahaan

 

Keuntungan Menggunakan Margin Trading

Terhindar dari Suspend Buy dan Forced Sell*

*Selama nilai equity positif

Jangka Waktu Lebih Fleksibel

Bisa Beli Lebih Dari 200 Saham*

*Sesuai dengan daftar saham margin

Simulasi Transaksi dengan Akun Margin

Ani memiliki dana sebesar Rp200.000.000,- dan ingin melakukan pembelian saham ABCD dengan harga Rp5.000.

Jika menggunakan akun reguler dengan limit sesuai nilai cash maka Ani hanya bisa melakukan pembelian saham ABCD sebanyak 400 lot (40.000 lembar), namun jika Ani menggunakan akun margin dengan limit maksimal mencapai 2,85x dari nilai cash-nya maka Ani dapat melakukan pembelian saham ABCD sebanyak 1.140 lot (114.000 lembar), dan jika saham ABCD bergerak naik menjadi Rp5.500 maka dengan menggunakan akun reguler Ani mendapatkan return (selisih keuntungan dari harga Beli dan Jual) sebanyak Rp20.000.000, namun jika Ani menggunakan akun margin maka return yang didapatkan Ani adalah sebesar Rp57.000.000 (sebelum dipotong bunga margin).

Maka dapat diambil kesimpulan bahwa menggunakan akun margin dengan besarnya nilai modal yang sama Ani dapat meningkatkan kapasitas limit transaksinya sehingga potensi keuntungan yang didapat menjadi lebih besar.

Bagaimana Mekanisme Interest pada Akun Margin?

Pada Akun Margin, nasabah tidak diwajibkan menyelesaikan transaksi saat jatuh tempo. Interest yang dibebankan pun lebih rendah dibandingkan dengan akun reguler, yaitu 0,0334% per hari atau 12% per tahun dan akan dihitung harian.

Interest akan mulai dibebankan apabila nasabah melakukan transaksi saham dengan menggunakan fasilitas pembiayaan dari Phillip Sekuritas Indonesia dan apabila pada T+2 pukul 09.00 WIB pembayaran belum tersedia di Rekening Dana Investor (RDI) nasabah. Akun tidak akan dikenakan suspend buy dan/atau forced sell selama nilai equity nasabah positif (+).

Bagaimana Jika Nilai Equity Negatif (-)?

Apabila nilai equity nasabah negatif (-), maka nasabah tidak dapat melakukan pembelian saham serta akan menerima Margin Call.

Margin Call merupakan pemberitahuan yang disampaikan melalui e-mail ketika posisi equity nasabah negatif (-). Equity negatif (-) terjadi bila harga saham yang menjadi jaminan mengalami penurunan atau bila transaksi nasabah yang menggunakan fasilitas pembiayaan melebihi total jaminan nasabah.

Pada pemberitahuan ini, nasabah harus segera mentransfer dana ke RDI atau melakukan penjualan saham hingga nilai equity kembali positif (+). Apabila nilai equity negatif (-) dan Margin Call telah dilakukan selama tiga hari bursa berturut-turut, maka akan dilakukan forced sell atas saham yang menjadi jaminan pada hari keempat dengan tujuan untuk mengembalikan nilai equity menjadi positif (+).

Ketika Menerima Margin Call, Apa yang Harus Dilakukan?



Nasabah bisa melakukan salah satu hal dibawah ini

Menjual saham saat itu juga agar nilai equity menjadi positif (+)

Transfer dana ke RDI yang akan menambah cash sehingga nilai equity nasabah menjadi positif (+)

Memindahkan saham marginable dari rekening reguler ke rekening margin

 

Menunggu hingga market bergerak naik dan harga saham naik sampai sebelum Margin Call ketiga.

Menunggu forced sell setelah menerima tiga kali Margin Call.

 

Cara Registrasi Akun Margin Simplifikasi

Login Aplikasi POEMS ID

Pilih Menu "Account Management"

Pilih Menu "Apply for Margin Account"

Pada pilihan Status Pernikahan, pilih "YA" atau "TIDAK"

Jika memiliki pasangan, isi data diri pasangan dengan lengkap

Lalu, centang semua pernyataan persetujuan

Terakhir, data akan segera diverifikasi jika pengisian telah selesai

Keterangan: Pastikan kamu sudah memiliki akun reguler

Syarat dan Ketentuan Akun Margin

  1. Pembukaan Akun Margin Simplifikasi berlaku bagi nasabah pengguna RDN BCA Simplifikasi.
  2. Pembukaan Akun Margin dapat langsung diproses setelah data diterima dengan lengkap melalui aplikasi POEMS ID.
  3. Bagi nasabah pengguna RDN selain BCA Simplifikasi, tetap perlu mengirimkan berkas fisik ke alamat kantor Phillip Sekuritas Indonesia.
  4. Fasilitas Margin Trading tersedia bagi nasabah yang telah memiliki akun reguler aktif dan menyetorkan deposit awal pada akun margin berupa dana dan/atau saham marginable minimal Rp200 juta.
  5. Akun Margin hanya dapat digunakan untuk bertransaksi saham yang termasuk dalam Daftar Saham Margin di Bursa Efek Indonesia.
  6. Pembukaan Akun Margin akan diproses setelah nasabah melakukan pengajuan pada menu "Apply for Margin Account" di aplikasi POEMS ID untuk tipe simplifikasi, atau setelah dokumen diterima dengan lengkap untuk non simplifikasi.
  1. Kontrak perjanjian margin akan berlaku selama nasabah dinyatakan sah menjadi nasabah margin Phillip Sekuritas Indonesia.
  2. Bunga margin yang dikenakan sebesar 12% per tahun.
  3. Phillip Sekuritas Indonesia memiliki kewenangan sepenuhnya dalam menentukan hair cut untuk masing-masing saham margin yang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan internal perusahaan yang berlaku.
  4. Phillip Sekuritas Indonesia memiliki hak untuk menerima maupun menolak permohonan pembukaan Akun margin yang diajukan nasabah sesuai dengan kebijakan internal perusahaan.
  5. Phillip Sekuritas Indonesia memiliki kewenangan sepenuhnya dalam menentukan batasan/limit margin masing-masing nasabah sesuai dengan aktivitas transaksi dan profil risiko nasabah.
  6. Phillip Sekuritas Indonesia dapat melakukan peninjauan ulang dan mengubah syarat dan ketentuan ini atas kebijakan perusahaan sendiri dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa syarat dan ketentuan ini sesuai dengan perkembangan di masa depan.